WISUDA SEKOLAH ORANG TUA HEBAT (SOTH) BKB MAWAR DESA GENAHARJO

  • Mar 13, 2024
  • Genaharjo

Tidak hanya anak usia sekolah yang bisa menempuh pendidikan. Namun ternyata para orang tua pun juga bisa mengikuti pendidikan di Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Ya, para orang tua tersebut bersekolah di Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Sekolah ini merupakan terobosan untuk dapat meningkatkan kemampuan orangtua dalam mengasuh anak, terutama anak BALITA.
SOTH adalah sebuah sarana pendidikan informal berbasis Rukun Warga (RW) yang ditujukan untuk memperbaiki pola asuh orang tua terhadap balitanya. SOTH ini dibentuk di tiap Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Tuban. Sekolah pendek yang konsepnya diinisiasi oleh BKKBN bekerja sama dengan Pemerintah Daerah ini digelar sebagai jawaban atas berbagai permasalahan sosial dan kesehatan, salah satunya stunting.
Meski sifatnya informal, sekolah ini telah dilengkapi dengan kurikulum pendidikan, silabus, pemetaan instruktur, rencana kegiatan pembelajaran, perangkat monitoring, jurnal, absensi peserta, absensi pengelola, buku tamu. SOTH didedikasikan untuk membangun komitmen dalam berkomunikasi antara orang tua anak-anaknya sesuai ilmu dan metode yang benar.
Hari ini (Jum'at, 23/02/24) SOTH BKB Mawar melaksanakan prosesi wisuda kepada 26 pesertanya. Dengan mengenakan pakaian Toga dengan riasan yang cantik mereka bersiap untuk menerima sertifikat SOTH. Bertempat di Aula Balai Desa Genaharjo, pengukuhan ini secara resmi dilakukan oleh Bapak Rudianto, S.T. selaku Kepala Desa Genaharjo dan dihadiri oleh Pembina Keluarga Berencana Desa (PKBD), kader dan Ketua Penggerak PKK beserta anggotanya. Acara berlangsung dengan lancar, khidmat, para wisudawati nampak sumringah dan tergambar suatu kebanggaan pada wajah mereka.(llu/gnh)