KHATAMAN AL QURAN PEMDES GENAHARJO BULAN FEBRUARI 2024

  • Mar 13, 2024
  • Genaharjo

Hari ini, Selasa (20-02-24) Pemdes Genaharjo melaksanakan kegiatan rutinan yaitu Khataman Al Quran. Pada bulan ini pembaca Al Quran diambil dari warga Dusun Sendang Pancur, yaitu Ust. Lasmaji, Kasmari, Sudarsono, Bambang Budiono, dan Kustiah. Kegiatan ini secara rutin diagendakan setiap bulan karena mengingat banyaknya keutamaan serta manfaat dari membaca / menghatamkan Al Qur'an.

Khataman Al-Qur’an yaitu membaca AlQur’an secara bersamaan, dengan cara setiap orang mendapat bagian 10 juz atau satu juz, atau dengan pembagian semacamnya. Dapat juga dengan cara satu orang membaca dan orang lainnya menyimak secara bergantian terus menerus hingga akhir. Khatam Al-Qur’an adalah nikmat agung dan keberuntungan besar. Dengan mengkhatamkan AlQur’an, seseorang telah melakukan komunikasi dengan Allah lewat firman-firman Nya, karena telah melakukan ibadah lewat huruf, kata, dan kalimat dari fatihatul kitab sampai surat An-Nas.

Hukum Mengkhatamkan Al-Qur’an Secara Berjamaah Dalam hal ini terdapat dua golongan ulama yang berpendapat mengenai hukum mengkhatamkan Al-Qur’an secara berjamaah: 1) Para ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah berfatwa membagi satu juz Al-Qur’an untuk setiap orang yang hadir kemudian dibaca masing-masing, mereka tidak menganggap bahwa hal tersebut tidak disebut sebagai mengkhatamkan Al-Qur’an. Pendapat ini diperkuat oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz bahwa tidak ada dalam sunnah Nabi atau para sahabat Nabi, dan tidak ada dalam cara beragama mereka membaca AlQur’an secara berjamaah. 2) Imam Nawawi menyebutkan dalam kitabnya At Tibyan dengan istilah Idarotul Qur’an, adalah sebuah perkumpulan dalam kelompok yang sebagian dari mereka membaca sepuluh juz atau satu juz kemudian yang lain membaca kelanjutannya, hal ini diperbolehkan dan termasuk kebaikan, hal ini juga ditegaskan oleh Syaikh Khatib as-syarbini bahwa tidak ada masalah dengan praktek idaroh Al-Qur’an.

Keutamaan (Fadhilah) Membaca dan Khataman Al-Qur’an Terdapat banyak keistimewaan bagi orang yang menyibukkan dirinya dengan AlQur’an. Berikut beberapa keutaman dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an yang didapatkan umat muslim: 1) Al-Qur’an sebagai Syafaat di Akhirat Ketika seseorang dalam hatinya telah tertanam keimanan bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah dan menjadikan kegiatan membaca Al-Qur’an sebagai rutinitas harian maka akan melahirkan motivasi bahwa Al-Qur’an akan menjadi penyelamat serta syafaat bagi para pembaca dan akan menjadi sahabat AlQur’an (shahibbAl-Qur’an).  2) Menjadi Manusia Terbaik Tidak ada sebutan manusia terbaik selain orang-orang yang mau belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. 3) Mendapatkan Pahala yang Dijanjikan Bahwa Akan Dilipat gandakan Sebanyak Sepuluh Kali Lipat. 4) Allah akan menyempurnakan pahala dan karunia bagi orang-orang yang selalu membaca AlQur’an, melaksanakan shalat dan menginfakkan rizkinya. 5) Mendapatkan Keutaman dengan Dikirimkannya Para Malaikat untuk Turut Berdoa Bersama Para Pembaca Al-Qur’an.

Oleh karena begitu banyaknya manfaat yang akan kita rasakan, maka Pemdes Genaharjo menjadikan kegiatan ini sebagai agenda wajib. Dengan harapan bahwa Desa Genaharjo beserta seluruh warganya akan selalu mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. (llu/gnh)